Akhirnya, Essien dan 10 Pemain Asing Dapat Izin Kerja

Akhirnya, Essien dan 10 Pemain Asing Dapat Izin Kerja
Agen Bola Online – Penantian sebagian pemain asing yang menguatkan sebagian club sepakbola Indonesia bakal legalitas dalam pekerjaan mereka pada akhirnya selesai. Direktur Jenderal Pembinaan Peletakan Tenaga Kerja serta Pelebaran Peluang Kerja, Kementerian Ketenagakerjaan RI, sudah keluarkan Izin Mempekerjakan Pekerja Asing (IMTA) untuk 10 pemain asing serta dua pelatih pada club sepakbola peserta Liga 1.

Seperti di ketahui, masalah izin kerja memanglah tengah ramai dibicarakan belakangan ini. Terlebih mulai sejak pihak imigrasi mempersoalkan status dari dua pemain asing Persib Bandung, Michael Essien serta Carlton Cole.

Penerbitan 12 IMTA itu dikerjakan cuma satu hari sesudah dikerjakan pertemuan pada Kemnaker, Kementerian Hukum serta HAM, Kementerian Pemuda serta Berolahraga, Tubuh Berolahraga Profesional Indonesia (BOPI), PT Liga Indonesia Baru dan PSSI. Pertemuan tanggal 20 April 2017 itu dikerjakan menyusul sudah bergulirnya Liga 1 yang telah berjalan mulai sejak minggu lantas, tetapi BOPI menyebutkan ada 25 pemain serta pelatih asing dari 11 club yang belum merampungkan perizinan.

“Hingga Sabtu awal hari, sudah diterbitkan 12 IMTA untuk pemain serta pelatih asing club peserta Liga 1, ” kata Direktur Jenderal Pembinaan serta Peletakan Tenaga Kerja, Kemnaker, Maruli A Hasoloan, Sabtu 22 April 2017.

Penerbitan IMTA yang di tandatangani Direktur Ingindalian Pemakaian Tenaga Kerja Asing, Wisnu Pramono itu, untuk 10 pemain asing atas nama Michael Essien (Inggris) serta Carlthon Michael Gerge Cole (Inggris) yang bermain di Persib Bandung, Peter Azase Odemwingie Redoane (Inggris), Redouane Zerzouri (Maroko) yang bermain di Madura United, Kosuke Yamazaki (Jepang), Marcio Nascimento (Brazil), Jose Manuel Barbosa Elves (Portugal) yang bermain di Persela Lamongan, Bruno Dasilva Lopes (Brazil), Rohit Chand (Nepal) yang bermain di Persija Jakarta, dan Kunihiro Yamashita (Jepang) yang di Pusamania Borneo FC.

Sedang dua pelatih yang juga telah terbit IMTA-nya yaitu pelatih Persija, Allessandro Stefano Cugurra Roorigues (Brazil) serta asisten pelatih Madura Joaqum Ferreira Da Silva Filho (Brazil).

Ketentuan dari Kementerian Ketenagakerjaan RI bakal status mereka di Indonesia juga diperkuat oleh Kabag Humas serta Umum Ditjen Imigrasi, Agung Sampurno.

” Pemain bola profesional warga negara asing (WNA) bisa bermain bola di Liga sesudah memperoleh kan izin bekerja dari Kemenaker dengan diterbitkannya dokumen izin mempekerjakan tenaga asing (IMTA) oleh Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker), ” tutur Agung dalam launching resminya.

Seperti di ketahui, WNA yang ada di lokasi Indonesia serta menginginkan bekerja mesti memperoleh izin bekerja dari Kemenaker, lewat cara pemberi kerja (sponsor) mesti ajukan permintaan memperkerjakan Orang Asing pada Kemenaker, termasuk juga dalam soal ini yaitu beberapa olahragawan profesional asing.

Baca Juga: Juventus Bidik Winger Cadangan Atletico Madrid

” Sistem setelah itu yaitu penjamin (sponsor) ajukan permintaan izin tinggal keimigrasian pada Ditjen Imigrasi, Kemenkumham, supaya bisa tinggal serta ada di lokasi Indonesia, ” imbuhnya.

Dalam pertemuan berbarengan pada lembaga pemerintah serta wadah organisasi persepakbolaan (PSSI, BOPI, serta PT Liga Indonesia Baru) di Kemenaker pada 20 April 2017, diterangkan, pemberi kerja beberapa pemain bola profesional mesti ajukan IMTA terlebih dulu pada Kemenaker untuk izin bekerja. Bila tak mempunyai IMTA jadi tak diperbolehkan untuk kerja.